Sejarah Facebook

Facebook pertama kali diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard. Karena Mark Zuckerberg ini punya hobi main internet, maka satu saat dia mempunyai ide untuk membuat sebuah situs jejaring sosial mirip Friendster. Jadi ide pembuatan situs Facebook sendiri bukan bertujuan untuk bersaing dengan situs jejaring sosial yang sudah besar seperti Friendster atau MySpace. Karena awal ide ini adalah bersifat intern kampus saja.

Facebook yang dimulai dari sebuah hobi utak atik internet, Zuck (panggilan Mark Zuckerberg) memulai dari kampus dengan membuat sebuah program yang dinamai Coursematch. Aplikasi Coursematch sendiri bisa dibilang relatif sederhana, dimana bisa memudahkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Selanjutnya Coursematch ini dikembangkan lagi oleh Zuck dengan sebuah aplikasi yang bisa dikatakan jahil, yaitu facemash.com. Dikatakan jahil karena Facemash ini akan memampang peringkat foto-foto mahasiswa Harvard yang dipajang.

Para pengunjung bisa dengan bebas memberi tanda "cantik" atau "jelek" pada foto seorang siswa. Tindakan jahil ini pun membuat Zuckerberg harus berurusan dengan Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap melanggar aturan privasi internet dan masuk ke sistem keamanan komputer kampus. Pemanggilan oleh Badan Administrasi Universitas Harvard tidak membuat Zuck jera akan tindakannya tersebut, tapi malah mengajak dua teman sekamarnya yaitu Dustin Moskovitz dan Chris Hugh untuk lebih mengembangkan Facemash. Dalam perjalanan pengembangan Facemash ini, Zuck telah mengubah nama Facemash menjadi thefacebook yang akhirnya menjadi Facebook.

Secara garis besar perkembangan Facebook sangat cepat, bahkan banyak orang yang tidak percaya dengan kecepatan perkembangan situs jejaring sosial ini. Melihat awal pendirian Facebook yang masih internal kampus saja, rasanya sulit dipercaya bila dalam tempo singkat bisa menyedot ratusan juta pengguna. Pengembangan Facebook sendiri tidak lepas dari kedua teman sekamar Zuck yaitu Dustin Moskovitz dan Chris Hugh. Dua teman sekamar Zuck terus mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston.

Selanjutnya Zuck bersama Moskovitz dan rekan-rekannya mulai serius untuk bisa lebih mengembangkan situs jejaring sosialnya yang saat itu masih bernama thefacebook.com dan mengontrak rumah di Palo Alto, California sekaligus liburan musim panas. Tetapi liburan ini tidak berakhir dengan pulang ke kampus, tetapi Zuck dan teman-temannya lebih serius dalam mengembangkan Facebook. Di rumah Palo Alto lah Zuck bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal yang mau memberikan suntikan dana segar sebesar US$ 500.000, dan Peter Thiel merupakan investor pertama mereka. Hingga akhir tahun 2004, thefacebook mampu menjaring penggunanya hingga lebih dari 2,5 juta.

Selanjutnya pada pertengahan 2005, Zuck mampu menggandeng Accel Partners. Menurut beberapa sumber, Accel sendiri telah mengucurkan dana segar sebesar US$ 12,8 juta untuk thefacebook. Selanjutnya pada Agustus 2005 Zuck membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000. Mulai saat itulah Facebook benar-benar mengembangkan sayapnya dengan membuat target pada anak-anak sekolah di Amerika. Hanya butuh waktu sekitar dua minggu saja sejak peluncuran Facebook untuk anak-anak, maka hampir sebagian besar sekolah di Amerika menjadi anggotanya. Pada saat itu Facebook masih dibatasi dalam hal pertemanannya, dimana mahasiswa tidak akan bisa mempunyai teman dari murid-murid High School (sederajat dengan SMU). Hingga akhir 2006 telah tercatat dimana Facebook mampu mengkoneksikan sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.

Pada awal tahun 2006 Facebook memulai era baru dimana penggunanya diijinkan untuk menjalin pertemanan. Jadi mahasiswa bisa menambahkan siswa SMU untuk masuk dalam pertemanan. Dan saat itulah Facebook benar-benar meledak. Investor pertama yang ikut dalam pengembangan Facebook yaitu Peter Thiel menyuntikkan dana lagi guna lebih bisa mengembangkan sayap lagi. Banyak kerjasama yang dilakukan untuk mengembangkan situs jejaring sosial ini termasuk dengan menggandeng Apple Inc. dalam bentuk kerjasama dalam mempromosikan iTunes. Pada tahun itu, Facebook sudah merambah sampai daratan Eropa. Bahkan di tahun 2006 itu sudah ada yang berani menawar Facebook senilai sekitar US$ 750 juta atau sekitar Rp. 6,97 triliun. Bukan itu saja, Yahoo pun juga telah menawar dengan harga US$ 1 miliar, tetapi Mark Zuckerberg tidak melepaskannya.

Pada tahun 2007 facebook terus melesat, bahkan kala itu MySpace dan Friendster yang merupakan situs jejaring sosial paling besar pun mulai ketar-ketir dengan gaya Facebook ini. Beberapa rombakan untuk menghentikan Facebook pun dilakukan oleh beberapa situs jejaring sosial dengan mempermudah user untuk bergabung. Tetapi sedikit terlambat, karena sebelum dibuka untuk member umum, Facebook sudah banyak mempunyai member dan dengan kekuatan inilah yang membuat banyak pengguna situs jejaring sosial lainnya mulai bermigrasi ke Facebook.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Sejarah Facebook"

Talita Lidya Putri mengatakan...

sejarah Facebook secara singkat diawali dari niat Zuck untuk menghubungkan rekan-rekannya di Harvard, saya pribadi juga salah satu penikmat Facebook, selain karena adanya para penyedia jasalike.net yang memudahkan pebisnis online, alasan lain karena saya rasa jasa like di Facebook itu pasar yang menjanjikan untuk bisnis online ^^

Posting Komentar